Sistem Informasi Regristrasi dan Penentuan Penerima Beasiswa dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web (Studi Kasus pada Politeknik Negeri Nusa Utara)

(Registration Information System and Scholarship Determination with Simple Additive Weighting (SAW) Method Web-Based (Case Study at State Polytechnic of Nusa Utara))

  • Alfrianus Papuas Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Ella H. Israel Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Stendy B. Sakur Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: sistem informasi beasiswa, metode SAW, berbasis WEB

Abstract

Pemberian beasiswa bagi mahasiswa merupakan salah satu fasilitas penunjang dalam rangka penyelesaian studi, menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki kompetensi, berdaya saing serta memiliki mental dan sikap yang baik, pemberian beasiswa ini didasarkan pada prestasi akademik, minat dan bakat serta status ekonomi peserta didik yang sudah tentunya perlu ditunjang dengan layanan yang memadai, khususnya bidang kemahasiswaan yang berperan penting dalam pemberian beasiswa. Perlunya peningkatan layanan kemahasiswaan khususnya pendaftaran dan penentuan penerima beasiswa perlu dibangun suatu sistem terkomputerisasi yang dapat menunjang bidang kemahasiswaan dalam melakukan proses pendaftaran, mengingat jumlah pendaftar yang cukup banyak dan dengan mempertimbangkan jarak atau lokasi tempat tinggal mahasiwa sehingga dengan menggunakan teknologi berbasis web dapat memberikan solusi bagi hal tersebut, penentuan penerima
beasiswa yang belum tepat sasaran, walaupun sudah berdasarkan aturan namun terkadang masih kurang maksimal, namun dengan sistem pendukung keputusan secara komputerisasi dan penggunaan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang di kombinasikan dengan AHP dan Fuzzy sehingga mampu memberikan rekomendasi penerima beasiswa, serta pelaporan beasiswa dengan sistem komputerisasi dan menggunakan web pelaporan dapat langsung dilakukan kepada pimpinan perguruan tinggi maupun pelaporan ke pusat, sehingga proses pengelolaan beasiswa dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Jalannya penelitian ini mengikuti pola umum penelitian ilmiah dengan pendekatan berorientasi obyek dengan tahapan identifikasi (identification), analisis (analysis), perancangan (design), pemrograman (coding) dan pengujian (testing).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfrianus Papuas, Politeknik Negeri Nusa Utara

Departement of Information System Nusa Utara State Polytechnic

Ella H. Israel, Politeknik Negeri Nusa Utara

Departement of Information System Nusa Utara State Polytechnic

Stendy B. Sakur, Politeknik Negeri Nusa Utara

Departement of Information System Nusa Utara State Polytechnic 

https://sakurweb.com/penelitian/

References

Alexander, F.S. 2013. Web Programing Power Pack. Yogyakarta: Penerbit Madiakom.

Ardiyanto, B. 2011. Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Berbasis Web. Jurnal Teknik Elektro, Semarang.

Betha, S. 2012. Pemrograman Web dengan PHP. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Dadan. 2012. Kreatif Membuat Website Profesional. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Jogiyanto, H.M. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Dalam Ed.I (hal. Vol 7-25). Yogyakarta: Andi.

Ladjamudin, A.B. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Dalam Edisi Pertama (hal. Vol 2-14). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho, B. 2014. Dasar-Dasar Web PHP - MySQL dengan Dreamweaver (Studi Kasus Penerimaan Siswa Baru [PSB] Online). Yogyakarta: Gava
Media.

Etiaji, P. 2013. Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Simetris, Jawa Barat 2013.

Tanra, R. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Published
2017-11-01