Analisis Kontaminasi Total Mikroba pada Beberapa Produk Ikan Segar Kabupaten Kepulauan Sangihe

(Analysis of Total Microbial Contamination in Some Fresh Fish in the Sangihe Islands Regency)

  • Jaka F.P. Palawe Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Stevy Imelda Murniati Wodi Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Eko Cayono Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: ikan segar, total bakteri, total jamur

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kontaminasi total mikroba pada beberapa produk ikan segar/mentah di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hasil pengujian Total Bakteri empat jenis ikan di Pasar Towoe menunjukan bahwa ikan layang memiliki nilai tertinggi yaitu 106.833 koloni/gram dan terendah pada ikan selar 77.000 koloni/gram. Hasil pengujian Total Jamur menunjukan bahwa ikan layang memiliki nilai tertinggi yaitu 25,9 koloni/gram dan terendah pada ikan selar 19 koloni/ gram. Nilai total bakteri dan total jamur empat jenis ikan di Pasar Towoe dalam kategori baik karena berada dibawah SNI ikan segar yaitu 5 x 105 koloni/gram. Hasil analisa statistik varians menunjukan bahwa jenis ikan tidak berpengaruh terhadap nilai kontaminasi bakteri dan jamur, sedangkan hasil analisa korelasi dan regresi menunjukan bahwa nilai pertumbuhan total bakteri memiliki hubungan yang erat dengan pertumbuhan fungi atau jamur.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jaka F.P. Palawe, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikana,  Jurusan Perikanan dan Kebaharian

Stevy Imelda Murniati Wodi, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Jurusan Perikanan dan Kebaharian

Eko Cayono, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Jurusan Perikanan dan Kebaharian

References

Anonimous. 2008. Repository.Ipb.Ac.Id/Tinjauan Pusraka.Pdf./Komposisi Kimia Ikan Layang.3 Januari 2014.

Azanza, M.P.V., Ortega, M.P., Valdezco, R.G. 2001. Microbial Quality Of Rellenado Milkfish (Chanos Chanos, Forskall). Food Control 12 : 365-371.

Clucas, I.J., dan Sutcliffe, P.J. 1981. An Introduction To Fish Handling And Procesing. London: Tropical Products Institute.

Djaafar, T.F. 2007. Cemaran Mikroba pada Produk Pertanian, Penyakit yang Ditimbulkan, dan Pencegahannya. Yogyakarta: Balai Pengkajian
Teknologi Pertanian Yogyakarta.

Ditjen Perikanan. 1998. Buku Pedoman Pengenalan Sumber Perikanan Laut Bagiani (Jenis-Jenis Ikan Ekonomi Penting). Direktorat Jenderal
Perikanan Deptan, Jakarta.

Dwiari, S.R., Asadayanti, D.D., Nurhayati, Sofyaningsih M., Yudhanti, SFAR, Yoga, IBKW. 2008. Teknologi Pangan. Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional.

Irianto, H.E., dan Indroyono Soesilo. 2010. Dukungan Teknologi Penyediaan Produk Perikanan. Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen
Kelautan dan Perikanan.

Edyansyah, E., Herry, H., Nurhayati, R. 2013. Gambaran Keberadaan Jamur Kontaminan Pada Daging Ikan Giling yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Palembang. Poltekkes Palembang.

FAO. 1974. Species Identification Sheets for Fishery Purpose,Volume I Food and Agriculture Organization of The United Nations, Rome.

Hidayati, L. 2005. Pengaruh Suhu dan Lama Penyimpanan Dalam Penyimpanan Freezer Lemari Es terhadapKandungan Protein Dan Jumlah Total Koloni Bakteri Ikan Bandeng (Chanos Chanos). [Tesis]. Universitas Muhammadiyah Malang.

Jaya I., dan D.K. Ramadhan. 2006. Aplikasi Metode Akustik Untuk Uji Kesegaran Ikan. Buletin Teknologi Hasil Perikanan IX(2).

Kurniawati, B.B. 2004. Identifikasi Jamur Aspergillus Sp Pada Daging Ikan Giling Yang Dijual di Pasar Km 5 Palembang. Palembang: Pendidikan Ahli Madya Kesehatan Depkes.

Siswanto, H.P., dan Soedarto. 2008. Respon Kualitas Bandeng (Chanos Chanos) Asap Terhadap Lama Pengeringan. Berkala Ilmiah Perikanan 3 (1).

Siburian E.T.P., Pramesti, D., dan Nana, K. 2012.Pengaruh Suhu dan waktu Penyimpanan terhadap Pertumbuhan Fungi Ikan Bandeng Bakteri dan Unnes J Life Sci 1 (2) (2012) Unnes Journal of Life Science Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Published
2016-03-01