Manajemen Rumah Tangga Nelayan Penangkap Ikan Tuna (Thunnus Albacores) Studi Kasus di Pesisir Pantai Akembuala Kelurahan Santiago Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe

(Household Management of Tuna Catchers (Thunnus Albacores) Case Study at Akembuala Coastal Coast of Santiago Sub-District Tahuna District of Sangihe Island)

  • Costantein I. Sarapil Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Julius F. Wuaten Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: manajemen, rumah tangga nelayan, tuna

Abstract

Keberadaan ikan tuna sirip kuning (Thunnus Albacores) sebagai salah satu sumberdaya ikan pelagis di Perairan Sangihe yang merupakan hasil tangkapan utama dari nelayan di Akembuala tidak menjadikan masyarakat nelayan di daerah itu meningkat taraf hidupnya akan tetapi umumnya masih berstatus sebagai keluarga pra sejahtera atau dengan kata lain kelompok masyarakat yang berada di pesisir pantai Akembuala masih relatif miskin bila dilihat dari sektor ekonomi, sosial dan budaya (khususnya dari akses untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan dan penghidupan yang layak) dibandingkan dengan masyarakat yang ada di daerah lain dengan mata pencaharian yang sama. Penelitian ini bertujuan: 1) Memperoleh gambaran pola hidup dan kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat nelayan di Pesisir Akembuala Kelurahan Santiago; 2) Mendapatkan solusi manajemen keuangan nelayan dalam mengelola hasil penjualan ikan tuna pasca tangkap. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi akademik mengenai manajemen rumah tangga nelayan penangkap tuna dan faktor-faktor yang berpengaruh lainnya serta diharapkan dapat menjadi masukan bagi semua pihak yang berkepentingan dengan persoalan manajemen rumah tangga nelayan. Penelitian ini merupakan studi yang memakai jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan semua fenomena atau kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat nelayan penangkap tuna di Pesisir Pantai Akembuala, penelitian deskriptif ini akan mendalami semua
kejadian yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku, presepsi, dan harapan kedepan, dan bagaimana manajemen keluarga mereka, dengan cara deskripsi kata-kata dan bahasa, pada konteks alamiah dengan memanfaatkan metode ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Costantein I. Sarapil, Politeknik Negeri Nusa Utara

Staf Pengajar pada Teknologi Penangkapan Ikan Jurusan Perikanan dan Kebaharian

Julius F. Wuaten, Politeknik Negeri Nusa Utara

Staf Pengajar pada Teknologi Penangkapan Ikan Jurusan Perikanan dan Kebaharian

References

Anonimous. 2011. “Sangihe dalam Angka”. Badan Pusat Statistika Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dahuri Rokhmin, dkk. 2008. “Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu”. Jakarta: PT Pradnya Pramitha jln bunga 8-8A.

Damsar. 2009. “Pengantar Sosiologi Ekonomi”. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Hendar dan Kusnadi. 2005. “Ekonomi Koperasi Untuk Perguruan Tinggi”. Edisi Kedua. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta. 278 hal.

Herujitmo Yayat M. 2006. “Dasar-Dasar Manajemen”. Jakarta: PT Grasindo anggota IKAPI.

Moleong Lexy. 2008. “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Parwono Djoko. 2005. ”Budaya Bahari”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sunartiningsih Agnes. 2004. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Institusi Lokal”. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Suyanto, B., dan Sutina. 2006. “Metode Penelitian Sosial”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widodo, J., dan Suadi. 2006. “Pengelolaan Sumberdaya Perikanan laut”. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Published
2017-03-01