https://e-journal.polnustar.ac.id/jib/issue/feed Jurnal Ilmiah Behongang 2024-11-05T08:17:23+00:00 Ely John Karimela elyjohnkarimela@polnustar.ac.id Open Journal Systems <p>Information System, Information Technologi, Computer Science</p> <p>p-ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2655-4933" target="_blank" rel="noopener">2655-4933</a></p> <p>e-ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2686-4495#">2686-4495</a></p> https://e-journal.polnustar.ac.id/jib/article/view/420 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PEGAWAI TIDAK TETAP (PTT) PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA SAMARINDA MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE 2024-11-05T08:17:22+00:00 Ria Purwati ria.pur@students.universitasmulia.ac.id Tina Tri Wulansari tina@universitasmulia.ac.id Fahrullah fahrullah@spb.ac.id <p><em>The creation of a temporary employee recruitment information system is intended to assist the recruitment process effectively. This application is built with website-based computer technology. Methods of data collection using interviews, observation, document analysis. While the system development method uses the Prototype method. The analysis tools used are Flow Of Document, Data Flow Diagrams, and Entity Relationship Diagrams. The software used is PHP, HTML, CSS, JavaScript, laravel framework. The running system has a problem with the process of hiring non-permanent employees who have to deliver hardcopy files to the committee and the committee verifies files, causing the applicants' files to pile up on the floor and office cabinets. The limited number of committees means that the file verification process can take 2 (two) days. The result of this research is in the form of an application that is able to assist prospective employees in obtaining vacancy information, submitting application files and for the committee it can facilitate the process of verifying files and conducting computer tests.</em></p> <p>Pembuatan sistem informasi penerimaan pegawai tidak tetap ini ditujukan untuk membantu proses penerimaan pegawai dengan efektif. Aplikasi ini dibangun dengan teknologi komputer berbasis website. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype. Alat bantu analisis yang digunakan yaitu <em>Flow Of Document, Data Flow Diagram, dan Entity Relationship Diagram</em>. Perangkat lunak yang digunakan adalah PHP, HTML, CSS, JavaScript, <em>framework</em> laravel. Sistem yang berjalan memiliki masalah pada proses penerimaan pegawai tidak tetap yang harus mengantarkan berkas <em>hardcopy</em> ke panitia dan panitia melakukan verifikasi berkas, sehingga menyebabkan berkas para pelamar menumpuk di lantai dan lemari kantor.&nbsp; Terbatasnya jumlah panitia mengakibatkan proses verifikasi berkas bisa berlangsung selama 2 (dua) hari. Hasil dari penelitian ini adalah berupa sebuah aplikasi yang mampu membantu para calon pegawai dalam mendapatkan informasi lowongan, pengumpulan berkas lamaran dan untuk panitia dapat memudahkan dalam proses verifikasi berkas dan pelaksanaan tes secara komputer.</p> 2024-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, POLITEKNIK NEGERI NUSA UTARA https://e-journal.polnustar.ac.id/jib/article/view/408 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DAILY ACTIVITY REPORT BERBASIS WEB DI SERVICE NONMINING PADA PT ALTRAK 1978 CABANG SAMARINDA 2024-11-05T08:17:23+00:00 Yulva Prambudi ibismr18@gmail.com Fahrullah Fahrullah fahrullah@universitasmulia.ac.id Dedy Mirwansyah d.mirwansyah@universitasmulia.ac.id <p>PT. ALTRAK 1978 memiliki beberapa departemen, diantarannya HR&amp;GA, FA, Marketing, Part, Rebuild Center, Service dan VOM. Departemen Service dibagi menjadi dua yaitu <em>Service Mining</em> dan <em>Service Nonmining</em>. Dalam hal ini penulis berfokus pada <em>Service Nonmining</em> karena adanya perbedaan atasan dan juga tempat kerja. <em>Service Nonmining</em> ini memiliki teknisi yang memiliki tugas memberikan pelayanan kepada pelanggan yang mempunyai keluhan dengan alat berat atau unit mereka baik di dalam kantor maupun di area perkebunan atau pertambangan para pelanggan, dan tugas teknisi yang tidak kalah penting adalah melaporkan kegiatan pekerjaan mereka disetiap harinya. Dalam hal ini teknisi memiliki permasalahan dalam pelaporan, selain penggunaan kertas dalam laporan yang menyebabkan tertumpuknya laporan sehingga laporan tersebut sering hilang atau terselip, permasalahan lainnya yaitu jarak atau lokasi kerja yang jauh dari kantor menjadi kesulitan tersendiri bagi teknisi, sehingga teknisi tidak dapat memberikan kertas laporan mereka karena terkendala jarak dan lokasi, sedangkan laporan ini sangat penting untuk dilaporkan setiap bulannya karena laporan tersebut akan digunakan sebagai dasar acuan bagi kantor pusat dalam penilaian kinerja cabang adapun tujuan peneliatian ini ialah membantu dalam pengisian laporan Teknisi secara digitalisasi dengan sistem informasi <em>Daily Activity</em> dan merancangan sistem informasi <em>Daily Activity Report</em> di <em>Service Nonmining</em> yang dilakukan secara digitalisasi, sehingga dalam proses penyimpan dan penyajian informasi lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Prototype untuk menggambarkan sistem, sehingga pengguna atau pemilik sistem mempunyai gambaran pengembangan sistem yang akan dilakukannya. Dengan adanya sistem informasi <em>Daily Activity Report</em> membantu dalam pengisian laporan dan melaporkan <em>Daily Activity Report</em> di <em>Service Nonmining</em> dan memberikan solusi untuk permasalahan jauhnya jarak dan lokasi pekerjaan sehingga tetap dapat melaporkan kegiatan pekerjaan setiap harinya secara digitalisasi.Dengan diterapkan sistem informasi <em>Daily Activity Report</em> ini data menjadi lebih aman di dalam database <em>Daily Activity Report</em> juga penyimpanan dan penyajian data dapat lebih efektif dan efisien secara digitalisasi.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; <em>PT. ALTRAK 1978 has several departments, including HR&amp;GA, FA, Marketing, Part, Rebuild Center, Service and VOM. The Service Department is divided into two namely Service Mining and Service Nonmining. In this case the authors focused on Service Nonmining due to differences in employers as well as the workplace. This Nonmining Service has a technician who has the task of providing services to customers who have complaints with their machine or unit both in the office and in the plantation or mining area of the customers, and the task of technician who are no less important is to report their work activities on a daily basis. In this case technician has problems in reporting, in addition to the use of paper in the report that causes the stacking of reports so that the report is often lost or tucked away, other problems namely distance or work location away from the office becomes difficult for technician, so technician can not provide their report paper because it is constrained by distance and location, while this report is very important to report every month because the report will be used as a reference basis for the head office in the assessment of the performance of the branch while the purpose of this eliatian is toassist in the filling of technician reports in digitization with the Daily Activity information system&nbsp; and mdesign the Daily Activity Report information system in theNonMining Service which is done in digitization, so that in the process of storage and presentation of information more effectively and efficiently. The method used in this study is the Prototype method to describe the system, so that the user or owner of the system has an overview of the development of the system that he will do. With the information system Daily Activity Report assists in filling out reports and reporting Daily Activity Report in Service Nonmining and provides solutions to problems of distance and location of work so that it can still report work activities every day in digitization. With the application of Daily Activity Report </em></p> 2024-11-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, POLITEKNIK NEGERI NUSA UTARA