PEMANFAATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK USAHA MIKRO PENGOLAHAN TAHU DI KOTA TARAKAN

  • Awang Pradana Universitas Borneo Tarakan
  • Dedy Harto
  • Fadllullah Fadllullah
  • Rudy
  • Kharis Hudaiby Hanif
  • Deny Murdianto
Keywords: website, sistem informasi, pkm tarakan, usaha mikro, pengolahan tahu

Abstract

Media pemasaran secara online telah menghadirkan lembar baru bagi para pengusaha mikro kecil/ pengusaha rumahan dalam tahap menyampaikan, menyebarkan, serta memaparkan sebuah iklan demi menarik peminat pada jejaring media online, website media umum yang biasa digunakan untuk mempromosikan sebuah produk baik dengan skala besar, sedang maupun kecil. Website didalam suatu perusahaan/usaha mikro membantu masyarakat/publik mengetahui dengan mudah apa saja informasi mengenai produk yang akan dipasarkan tersebut. Usaha kecil mikro ini adalah sebuah kegiatan yang prospektif bagi para pengusaha rumahan. Program pkm ini bermitra dengan 2 pengusaha perajin tahu yaitu Bapak Fandy dan Bapak Achmad Sholeh, keduanya adalah pengerajin usaha mikro tahu yang berlokasi di lingkungan Jalan Damai Bakti RT.07, Kr Harapan, Tarakan. Tim pengusul program melakukan observasi langsung dan wawancara kepada para mitra untuk mengidentifikasi apa yang menjadi permasalahan utama. Permasalahan tersebut kemudian disetujui untuk diatasi dengan solusi yang tepat. Salah satu permasalahan yang dihadapi mitra adalah promosi penjualan. Metode pendekatan berdasarkan kesepakatan dengan mitra, penyuluhan akan dilakukan untuk menggalakkan kesadaran perihal kenyamanan dan kesehatan kerja. Penyuluhan tentang management pemasaran, Pembuatan media informasi mengenai produk. Tim pelaksana yang efektif dan efisien diperlukan untuk memastikan kesuksesan program yang diusulkan bagaimana mengatasi problem yang bersangkutan dengan mitra. Untuk menjalankan program ini, dibutuhkan disiplin ilmu teknik komputer dan teknik mesin. Dengan adanya kegiatan ini dapat memenuhi ekskalasi perihal media promosi bagi pengusaha kecil/mikro dan dengan adanya survei mengenai usaha mikro yang ada dikota tarakan mampu dengan mudah mendapati kawasan mana saja yang masih manual dalam pengolahan pembuatan tahu dan dapat menjalin kerjasama kedepannya

Online marketing media has opened a new chapter for micro-small entrepreneurs/home entrepreneurs in the stage of delivering, spreading, and presenting an advertisement to attract interest in online media networks, a general media website that is commonly used to promote a product of any scale, large, medium or small. The website within a company/micro-enterprise helps the public to easily know all the information about the product to be marketed. This small micro-business is a prospective activity for home entrepreneurs.This PKM program partnered with two tofu craftsmen, Mr. Fandy and Mr. Achmad Sholeh, both of whom are micro tofu entrepreneurs located in the Damai Bakti RT.07, Kr Harapan, Tarakan neighborhood. The program proposing team conducted direct observation and interviews with the partners to identify the main problems. The problems were then agreed to be solved with the right solutions. One of the problems faced by the partners is sales promotion.The approach method based on an agreement with the partners, counseling will be conducted to encourage awareness of comfort and work health. Counseling about marketing management, making media information about the product. An effective and efficient implementation team is needed to ensure the success of the proposed program in how to overcome the problems concerned with the partners. To run this program, it takes the disciplines of computer engineering and mechanical engineering.With this activity, it can meet the escalation of media promotion for small/micro entrepreneurs, and with a survey of micro-enterprises in the city of Tarakan, it is easy to find out which areas are still manual in the processing of tofu making and can establish cooperation in the future

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandranegara, D. R., Sri, C., Aditya, K., & Setiawan, F. D. (2020). Implementasi Website Profile Madrasah Muhammadiya Al-Munawarroh Malang Sebagai Media Informasi Bagi Masyarakat. JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 4(2), 305–309.

Fadllullah, A., Pradana, A., Harto, D., Mulyadi, M., Arsianti, R. W., & Rudy, R. (2022). SOSIALISASI PENGEMBANGAN WEBSITE SEKOLAH SEBAGAI SARANA PROMOSI DAN EDUKASI DI SMK TERPADU CITRA BANGSA. 21(1), 7–13.

M. Ali Nurhasan Islamy, I. L. (2020). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Surakarta Utilization of Social Media as a Means of Promoting Library Services in Indonesia Institute of the Arts Surakarta. Nusantara Journal of Information and Library Studies, 3(1), 75–88

Mansir, F., & Tumin, T. (2022). Pemberdayaan UMKM Sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Pemasaran Produk Di Padukuhan Dukuhsari Wonokerto Turi Sleman. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 656–664. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17698

Maria Tri Handayani. (2022). Action Plan: Manfaat, 5 Cara Merancang hingga Pembuatannya. 11 January 2022. https://www.ekrut.com/media/action-plan-adalah

Permatasari, A., Hadiono, A., & Hasibuan, T. H. (2023). STRATEGI PEMASARAN PENGUSAHA TAHU DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN USAHA. KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS, 12(1), 31–40.

Pratisti, C., Sari, N., Paramitasari, N., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pelestarian Dan Strategi Pemasaran Produk Wisata Tahu Walik Khas Banyuwangi Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Mulia, 1(2), 41–49

Sidratul Munti, N. Y., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655

Tagor, U. D., & Jember, G. (2019). Sosialisasi Peningkatan Usaha Tahu Pada. 5(1), 59–65.

Varuqsyah, I. O. (2022). KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA INDUSTRI TAHU DI DESA SUMBERPAKEM KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER. UIN KH Achmad Siddiq Jember

Published
2024-03-01