KEEFEKTIFAN MEMAHAMI TEXT DAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA KELAS XI JURUSAN KEPERAWATAN SMK NEGERI 2 TAHUNA

  • Agneta S. Lalombo Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Yanli. E. Tuwohingide Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Subchan S. Mantali Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris, SMK Negeri 2 Tahuna, Teks bahasa Inggris istilah keperawatan

Abstract

Pembelajaran inti bahasa Inggris di Indonesia meliputi 4 (empat) skill/ ketrampilan yakni, writing, listening, reading dan speaking dan keempat ketrampilan tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan tidak bisa dipisahkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti merupakan alat utama pengumpul data dengan metode pengumpulan data berdasarkan pengamatan pada membaca teks siswa di SMK Negeri 2 Tahuna di samping itu, pengumpulan data dilakukan secara deskriptif, dan data yang diperoleh berupa kata-kata. Selama di lapangan peneliti menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles and Huberman (1992). Teknik ini meliputi: (a) reduksi data, (b) penyajian data dan (c) penyimpulan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosa kata dalam memahami teks sehingga teks dapat dipahami dan dicermati berdasarkan kosa kata yang dikuasai oleh siswa. Pembelajaran siswa di SMK Negeri 2 Tahuna 55 persen bermasalah dalam membaca sehingga menghilangkan makna dan penyampaian isi teks dan isi teks 2 berkaitan dengan membuat laporan bagi pasien di rumah sakit, 35 persen kegagalan siswa dalam membaca teks berkaitan dengan istilah penyakit dan 14 persen berkaitan kegagalan membaca teks yang memuat istilah dan aktifitas perawat di rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agneta S. Lalombo, Politeknik Negeri Nusa Utara

Jurusan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Nusa Utara

Yanli. E. Tuwohingide, Politeknik Negeri Nusa Utara

Jurusan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Nusa Utara

Subchan S. Mantali, Politeknik Negeri Nusa Utara

Jurusan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Nusa Utara

References

Ausebel, D. 1965. Introduction to part one. Readings in the Pshycology of Cognition. Modern Language Journal.

Ausebel.D.1968. Educational psychology: A cognitive view. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Brown. 2007. Prinsip dan dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pearson Education. Inc.

Clark. 1997. Psycology and Language: An Introduction to Phycolinguistics. New York: Hartcourt Brace Jovanovich.

Ibrahim Abdul, Syukur. 2009. Metode Analisis Teks & Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Miles, M.B and A.M Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Published
2018-11-01