Konsumsi dan Efisiensi Pakan Daging Rucah untuk Ikan Kuwe (Caranx Spp) yang Dipuasakan secara Periodik di Kurungan Jaring Apung Teluk Talengen-Sangihe

  • Edwin Oscar Langi Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Mukhlis Abdul Kaim Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: kuwe, variabel pengubah, rancangan acak lengkap, laju pertumbuhan dan efisiensi pakan

Abstract

Salah satu komoditi penting yang sementara dibudidayakan dengan sistem kurungan jaring apung di Teluk Talengen Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah ikan Kuwe (Caranx spp). Ketersediaan pakan yang cukup, tepat waktu, dan bergizi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kegiatan usaha budidaya ikan. Jika ikan yang dipuasakan dapat mengalami peningkatan konsumsi pakan selama beberapa haripada waktu diberi makan kembali. Hasil kajian hubungan konsumsi pakan setelah ikan kuwe dipuasakan terhadap laju pertumbuhan berat mutlak menunjukkan bahwa waktu pemuasaan mempengaruhi pertumbuhan berat tubuh ikan kuwe pemeliharaan.Selisih laju pertumbuhan berat tubuh ikan yang tidak dipuasakan berbeda dengan yang dipuasakan.Laju pertumbuhan berat tubuh kelompok ikan yang dipuasakan untuk 1 hari berbeda dibandingkan ikan yang dipuasakan 2 hari, tapi sama hasilnya dengan ikan yang dipuasakan 2 dan 3 hari. Selisih laju pertumbuhan berat tubuh kelompok ikan yang dipuasakan untuk 2 hari berbeda hasilnya dibandingkan ikan yang dipuasakan 2 dan 3 hari serta yang dipuasakan 1 hari. Nilai efisiensi pakan pada tiap perlakuan baik yang tidak dipuasakan dan dipuasakan perbedaannya signifikan. Efisiensi pakan tertinggi ditemukan kelompok ikan yang dipuasakan 1 hari, kemudian diikuti kelompok ikan yang dipuasakan 2 dan 3 hari selanjutnya kelompok ikan yang tidak dipuasakan dan yang memiliki nilai efisiensi pakan terendah pada kelompok ikan yang dipuasakan 3 hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhan. 2002. Spesies dan Distribusi Ukuran Ikan Bobara (Carangidae) di Perairan Arakan. Praktek Kerja Lapangan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSRAT Manado. 29 hal.

Anonim, 2009. O-Fish: Pakan Ikan. Budidaya Ikan Ofish.doc.

Aziz, A.D. 2009. Budidaya Laut dan Kemungkinan Pengembangannya di Sulawesi Utara. Dinas Perikanan Propinsi Sulawesi Utara.

Lenak, D. 2002. Kebiasaan Makan Ikan Kuwe, Caranx melamphygus dan C. Sexfasciatus di Perairan Pantai Likupang Kecamatan Likupang,
Minahasa. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSRAT.53 hal.

Moyle, P. B., dan J.J. Cech. 1988. Fishes, An Introduction to the Icthtyology. Second Edition. 559 hal. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Myers, R.F. 1991. Micronesia Reef Fishes. A Practical Guide to the Identification of the Coral Reef Fishes of the Tropical Central and Western Pacific. 298 hal. Guam: Coral Graphics.

Nelson, J.S. 1984. Fishes of the World.Edisi kedua. 523 hal. New York: John-Willey and Sons.

Paxton, J.R.D.F. Hoese, G.R., Allen, and J.E. Hanley. 1989. Philippines: FishBase, MC.P.O. Box 2631, 0718 Makati.

Randall, J.E., G.R. Allen, dan R.C. Steene. 1997. Fishes of the Great Barrier Reef and Coral Sea. 507 hal. University of Hawaii Press North America.

Ratusetiawaty. 2001. Spesies Ikan Family Carangidae yang Tertangkap di Perairan Likupang. Praktek Kerja Lapangan. 28 hal. Fakultas Perikanan dan
Ilmu Kelautan UNSRAT.

Shafrudin, D., dan M.B.P. Utomo. 2003. Pembesaran Ikan Karper di Keremba Jaring Apung Modul Pengelola Pemberian Pakan. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departement. Pendidikan Nasional 26 Hal.

Steel, Robert, G.D., dan J.H. Torrie. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika: suatu Pendekatan Biometrik. 772 Hal. Jakarta: Gramedia Utama.

Yuwono, E., P. Sukardi, dan I. Sulistyo. 2005. Konsumsi dan Efisiensi Pakan pada Ikan Kerapu Bebek (Cromileptes altivelis) yang dipuasakan secara
periodik. Berk.Penel. Hayati: 10. p 129–132.
Published
2015-03-01