Gambaran Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD Liun Kendage Tahuna

(An Overview of Nurses Work Satisfaction at the Inpatient Ward of The Liun Kendage General Hospital Tahuna)

  • Jamila Daeng Madeo Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Meistvin Welembuntu Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Grachia Ch Tooy Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: kepuasan kerja, perawat pelaksana

Abstract

Rumah Sakit sebagai suatu institusi pelayanan kesehatan masyarakat mempunyai sumber daya manusia yang kualitasnya sangat berperan dalam menunjang pelayanan tersebut. Salah satu sumber daya manusia yang memiliki peran vital dalam memberikan pelayanan di rumah sakit adalah perawat yang merupakan jumlah terbesar dari seluruh petugas kesehatan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah mengenai kepuasan kerja yang merupakan bagian dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktifitas seorang perawat. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Liunkendage Tahuna. Desain penelitian ini adalah dengan penelitian deskriptif yang teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling sehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 84 perawat di ruang rawat inap. Berdasarkan karakteristik responden diketahui bahwa 54% responden berumur antara 26–30 tahun, 93% berjenis kelamin perempuan, 77% berpendidikan DIII Keperawatan, 76% berstatus perawat PNS/pegawai tetap, dan 55% dengan masa kerja/lama kerja antara 6–10 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden yang merasa sangat puas sebanyak 8 orang (9%), merasa puas sebanyak 32 orang (38%), merasa cukup puas sebanyak 39 orang (46%), merasa kurang puas 5 orang (6%) dan tidak ada perawat yang merasa tidak puas dengan kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap hanya 46%, hal ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan kerja perawat di ruang rawat inap RSUD Liunkendage Tahuna sudah cukup baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan untuk dapat meningkatkan kepuasan kerja perawat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikoesoemo, S. 2002. Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Argapati, A. 2013. Gambaran Kepuasan Kerja Perawat Rawat Inap Stella Maris Makasar. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat-UNHAS: Makassar.

Crose, P.S. 2001. Continuing Education: Job Characteristics Related to Job Satisfaction in Rehabilitation Nursing. Association of Rehabilitation Nurses.

Gatot, D. 2005. Hubungan Karakteristik Perawat, Isi Pekerjaan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Instalasi Rawat Inap
RSUD Gunung Jati Cirebon. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat-UI. Depok

Fathony, A. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rineka Cipta.

Gaffar, L.O.J. 2002. Praktik Keperawatan Professional. Jakarta: EGC.

Greenberg, J., & Baron, R.A. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prentice Hall.

Havighurst, R.J. 2002. Human Derelopment and Educationt. Terjemahan oleh Moh. Karisan. Surabaya: Sinar Jaya.

Hidayat, A.A.A. 2011. Riset kEperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Kozier, B., et al. 2004. Fundamental of Nursing:Consept, Process and Practice. California: Addison-Wesley Publishing CO.

Kreitner, R., & Kinicki, A. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kusnanto, S.R. 2004. Pengantar Profesi dan Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC.

Muchlas, M. 2005. Perilaku organisasi. Ed. 4. Jakarta: Salemba Empat.

Muslim, M. 2010. Tingkat kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Pasaman Barat. Tesis. Fakultas kesehatan masyarakat-PS KARS Unand.
Pasaman Barat.

Nursalam. 2007. Manajemen Keperawatan Aplikasai dalam Praktik Keperawatan Professional, ed. 2. Jakarta: Salemba Medika.

Pradyana, W. 2013. Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di UD. Padma Sari Denpasar. Sripsi. Bali: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Robbin, S.P. 2008. Perilaku organisasi. Ed. 12. Jakarta: Salemba Empat.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Grafinda Persada.
Published
2015-11-01