Identifikasi Parasit pada Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) pada Lokasi yang Berbeda di Kabupaten Kepulauan Sangihe

(Identification of Parasites in Tilapia (Oreochromis Niloticus) at Different Locations in Sangihe Islands Regency)

  • Fony Kalendesang Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Jetti T. Saselah Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: Oreochromis niloticus, Dactylogirus sp, Tricodina sp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parasit pada ikan nila yang dibudidayakan di beberapa lokasi di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Yang telah dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2016. Pengambilan sampel ikan ini dilakukan secara bertahap.Dari setiap lokasi di ambil 10 ekor sampel ikan nila (Oreochromis niloticus). Dengan ukuran 10-25 cm dan berat berkisar 36 gram sampai 64 gram. Hasil penelitian menunjukan adanya kehadiran parasit dari 4 lokasi yang diambil di Kabupaten Kepulauan Sangihe.Yaitu parasit Dactylogirus sp dan parasit Tricodina sp yang ditemukan pada bagian insang dan bagian lendir ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Ghufran, H., Kordi, K. 2004. Penanggulangan Hama dan Penyakit Ikan. Jakarta.194 hal.

Pansariang, W. 2012. Identifikasi Parasit pada Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum) yang Ada di Kolam Budidaya Air Tawar Politeknik Negeri Nusa Utara. Tahuna (PKL III). 21 hal.

Pujiastuti. 2015. Identifikasi dan Prevalensi Ektoparasit Pada Ikan Konsumsi di Balai Benih Ikan Siwarak. Skripsi. Jurusan Biologi . Fakultas
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.

Wahab. 2014. Tingkat Infeksi Ektoparasit pada Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Strain Gift dan Salin. Skripsi. Program Studi Budidaya Perairan. Jurusan Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar

Zheila. 2013. Prevalensi dan Intensitas Tricodina sp Pada Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Desa Tambakrejo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Jurnal Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Teknologi Sepulah November Surabaya.
Published
2016-11-01