Identifikasi Ektoparasit pada Ikan Mas Koi (Cyprinus Carpio Koi) di Kolam Budidaya Kampung Hiung, Kecamatan Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe

(Identification of Ectoparasites At Koi Carp (Cyprinus Carpio Koi) in Pond Culture Kampung Hiung, District Sangihe Islands Regency Manganitu)

  • Diknawati Takasiliang Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Usy N Manurung Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: identifikasi, prevalensi, ektoparasit, Dactylogyrus sp

Abstract

Parasit yang menginfeksi ikan budidaya dapat mengakibatkan menurunnya produksi bahkan kematian masal. Dalam jumlah sedikit, parasit yang menginfeksi masih dapat ditolerir oleh inang, tetapi dapat menyebabkan gangguan metabolisme bahkan kerusakan organ jika terjadi dalam intensitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ektoparasit pada ikan Mas Koi (Cyprinus carpio koi) di Kolam Budidaya Kampung Hiung, Kecamatan Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe. Identifikasi dilakukan di Laboratorium Perikanan dan Kebaharian Politeknik Negeri Nusa Utara. Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan didapatkan parasit, Dactylogyrus sp dan Lerneae sp, sedangkan nilai prevalensi tertinggi parasit yang menyerang ikan mas koi adalah Dactylogyrus sp yaitu sebesar 100% dan Lerneae sp 10%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-01