PKM PEMANFAATAN PROBIOTIK UNTUK BUDIDAYA IKAN DI KAMPUNG KUMA I KECAMATAN TABUKAN TENGAH

  • Jetti Saselah Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Yessy Manganang Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: ikan nila, pakan, probiotik

Abstract

Kampung Kuma 1 merupakan salah satu kampung di Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Propinsi Sulawesi Utara. Luas wilayah 1,59 Km2. Kampung ini mempunyai beberapa Sungai dan hal ini merupakan modal dalam mereka melakukan kegiatan budidaya ikan, (BPS 2017). Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dan juga ada yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Kampung ini memiliki potensi untuk pengembangan usaha budidaya darat. Jenis Ikan yang dipelihara pada umumnya yaitu ikan nila (Oreochromis niloticus). Program Kemitraan Masyarakat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan masyarakat pembudidaya tentang manajemen pakan, pembuatan pakan, pembuatan probiotik, pengelolaan kualitas air dan untuk pencegahan penyakit ikan. Metode yang dipakai yaitu penyuluhan dan diikuti dengan pelatihan dan pendampingan agar supaya masyarakat pembudidaya ikan dapat meningkatkan produksi budidaya. Pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik. Masyarakat begitu antusias mengikuti setiap tahapan kegiatan penyuluhan maupun pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jetti Saselah, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Teknologi Budidaya Ikan
Politeknik Negeri Nusa Utara

Yessy Manganang, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Teknologi Budidaya Ikan
Politeknik Negeri Nusa Utara

References

Badan Pusat Statistik (BPS). Kecamatan Tabukan Tengah Dalam Angka 2017. Katalog BPS diakses dari http://www.Sangihekab.bps.co.id diakses pada tanggal 26 Maret 2017.

Khairumandan K. Amri. 2008. Buku Pintar Budidaya Ikan Konsumsi. Penerbit PT Agromedia Pustaka. Jakarta. 358 hal.

Salatang, S, J. Saselah, E. Langi. 2016. Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Diberikan Pakan
Dengan Penambahan Probiotik. Jurnal Tindalung Vol.1.No.2,33-95

Sahwan, M.F. 1999. Pakan Ikan dan Udang, Formulasi, Pembuatan, Analisis Ekonomi. Penebar Swadaya : Jakarta
Published
2018-11-01