Author Guidelines

Jurnal Ilmiah Tatengkorang hanya memuat artikel pengabdian (research article) di bidang Information and Communication Service, Health, Maritimes. Artikel yang dikirimkan kepada redaksi belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada media cetak lainnya. Naskah artikel harus lolos cek plagiasi kurang dari 30%.

Pengiriman artikel ke Jurnal Ilmiah Tatengkorang hanya dapat dilakukan melalui sistem daring (online submission), dengan langkah-langkahsebagai berikut:

  1. Naskah dikirimkan melalui Sistem Pengajuan Daring (Online Submission Systempada portal elektronik Jurnal Ilmiah Tatengkorang (di sini)
  2. Penulis harus mendaftarkan diri di laman Register (di sini). Pilih (centang) peran sebagai “Author ” untuk dapat mengirimkan naskah secara online.
  3. Setelah proses registrasi selesai, masuk (log in) sebagai “author” menggunakan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) pada saat registrasi. Kata sandi minimal 6 karakter.
  4. Mulai pengiriman artikel dengan cara klik “New Submission”. Pengiriman artikel terdiri dari 4 tahap: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Confirmation.
  5. Pada kolom “Start”, pilih "Journal Section (Article)". Centang semua opsi pada “Submission Checklist”. Ketik pesan ke Editor "Comments for the Editor"  (jika ada). Centang “Copyright Notice”.  Klik “Save and continue”.
  6. Pada kolom “Upload Submission File”, Klik  "Select Article Component", Klik "Article Text" , Klik "Upload File" , unggah naskah dalam format MSWord. Klik  complate  di "upload file". Klik complate di  "Review Details" Klik Save and continue.
  7. Pada kolom “Enter Metadata”, isi kolom “Title" dengan judul artikel dalam bahasa Indonesia dan "SubTitle" dengan judul artikel dalam bahasa Inggris. Isi kolom "Abstract” sesuai abstrak artikel. Klik "Add contibutor" untuk memasukkan data penulis dan afiliasinya, isi kolom "Abstract" serta  Isi kolom  "References"  sesuai dengan naskah. Klik “Save and continue”.
  8. Pada kolom “Confirmation”, apabila seluruh data yang diisi telah sesuai, klik “Finish Submission”.
  9. Apabila penulis menemukan permasalahan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring (online), silakan menghubungi pengelola (H. M. Ander) email pppm.polnustar@gmail.com

 

Sistematika Artikel

Artikel diketik menggunakan Microsoft Word dengan huruf Times New Roman ukuran 10, spasi 1,5 dan margin kertas: sisi kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing 2,5 cm pada kertas ukuran A4, serta diberi nomor halaman pada sudut kanan bawah. Silahkan download template penulisan artikel di sini Template Jurnal Ilmiah Tatengkorang

 

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia terbagi dalam:

Halaman Judul

 

Abstrak

 

Pendahuluan (tanpa judul)

 

Metode Pelaksanaan

 

Hasil dan Pembahasan

 

Kesimpulan

 

Daftar Rujukan

 

 

 

 

 

Halaman judul 

Halaman judul berisi judul, nama dan institusi penulis serta alamat penulis. Judul dituliskan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dirumuskan dengan singkat dan jelas, ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran 12, bold, 1 spaci, margin tengah, huruf kapital dan kurang dari 12 kata. Nama penulis semua tanpa gelar, ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran 10 pts, bold, margin tengah. Nama Program Studi/Lembaga pada baris kedua sesuai urutan penulis, ditulis dengan huruf Times New Roman, ukuran 8, margin tengah. Alamat email penulis pertama pada baris ketiga. Jika ada penulis kedua dan seterusnya, penulisan identitas sama dengan penulis pertama. Jika penulis berasal lebih dari satu institusi, berikan nomor (superscript) di belakang nama tiap penulis.

 

Abstrak

Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan huruf Times New Roman, ukuran 10, 1 spaci. Panjang abstrak maksimum terdiri dari 250 kata berisi latar belakang, tujuan, metode, dan hasil.

Key Words (Kata Kunci): Kata-kata kunci paling banyak lima kata. Kata kunci dapat berupa kelompok subjek pengabdian. Hindari penggunaan kata sifat sebagai kata kunci.

 

Pendahuluan (tanpa judul) berisi alasan atau mengapa pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan. Jika kegiatan tersebut merupakan pengulangan atau pun modifikasi mohon dijelaskan argumentasinya, serta kemukakan hasil akhir yang diharapkan. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan format esai. Judul dicetak dengan huruf kapital. Masing-masing bagian artikel, kecuali pendahuluan, diberi judul dengan huruf sesuai peringkatnya dengan tidak menggunakan angka/nomor. Adapun bentuk huruf pada judul masing-masing bagian artikel adalah sebagai berikut.

PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, RATA KIRI, CETAK TEBAL)

Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Rata Kiri, Cetak Tebal)

Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Rata Kiri, Tebal Miring)

 

METODE PELAKSANAAN

Memberikan informasi yang lengkap bagaimana pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan, mulai dari waktu, lama, tempat, penggunaan alat dan bahan. Cara kerja dan analisa data ditulis secara jelas dan ringkas, bila menggunakan uji statistik cukup dituliskan metodenya sja. Hal tersebut dimaksudkan supaya hal yang sama dapat dilakukan oleh peneliti yang lain.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN        

Bagian ini menjelaskan mengenai apa saja yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat yang memuat validitas hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hubungannya dengan hasil pengabdian yang pernah dipublikasikan, serta mengarah pada pengambilan kesimpulan. Perlu diperhatikan dalam bentuk ini adalah data terkait dengan tujuan pengabdian masyarakat, data yang tidak perlu jangan ditampilkan. Hasil Pengabdian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data.

Tabel dan gambar disajikan secara informatif dengan jumlah maksimal 3-5 tabel atau gambar setiap naskah. Setiap tabel/gambar harus dinyatakan dalam naskah (teks). Tabel dan gambar harus jelas; angka-angka dan satuan harus tergambar dengan jelas pada tabel/gambar sehingga tidak tergantung pada teks. Penulisan judul tabel dan gambar dicetak tebal. Tidak diperbolehkan adanya duplikasi informasi, bila informasi lebih jelas dan singkat dengan narasi maka tabel atau gambar tidak diperlukan. Rujukan tabel atau gambar disebutkan pada naskah (teks) dengan urutan pemunculan sesuai urutan penomoran tabel atau gambar. 

Tabel

Judul tabel ditempatkan di atas tabel. Penomoran tabel dilakukan secara berurutan menggunakan angka (1,2,3, dst). 

Gambar

Judul gambar diletakkan di bawah gambar. Grafik atau gambar harus dibuat warna.

Rujukan setiap gambar atau grafik disebutkan pada naskah (teks) dengan urutan pemunculan sesuai urutan penomoran gambar. Gambar atau grafik harus jelas angka-angka dan satuan harus tergambar dengan jelas pada gambar atau grafik sehingga tidak tergantung pada teks. Resolusi gambar minimal tidak ditentukan, namun harus dapat terlihat dengan jelas ketika dicetak.

 

KESIMPULAN

Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan

 

DAFTAR RUJUKAN

Daftar rujukan minimal 70% terbitan 10 tahun terakhir dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Sumber rujukan sedapat mungkin berupa sumber primer, seperti laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi), atau artikel-artikel hasil penelitian dalam jurnal atau berkala ilmiah. Pencantuman sumber rujukan pada kutipan langsung atau tidak langsung menggunakan teknik kutipan berkurung, contohnya: (Davis, 2017:27).

Daftar rujukan diurut secara alfabetis dan disusun dengan sistematika seperti contoh berikut.

Buku:

Cooper, J.D. 1993. Literacy: Helping Children Construct Meaning. Boston Toronto: Hougton Miffin Company.

Buku kumpulan artikel (ada editornya):

Letheridge, S. & Cannon, C.R (Eds.). 1980. Bilingual Education: Languange. Teaching English as a Second Languange.  New York: Praegar.

Artikel dalam majalah dan koran:

Suryadarma, S.V.C. 1990. Prosesor dan Interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4):46-48.

Huda, M. 13 November, 1991. Menyisiati Krisis Listrik Musim Kering. Jawa Pos, hlm.6.

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama penulis):

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.

Dokumen resmi pemerintah yang diterbitkan oleh penerbit dan tanpa lembaga:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Dokumen resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Buku terjemahan:

Ary, D., Jacos, L.C. & Razavieh, A. Tanpa tahun. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Ghazali, S. 1999. Kerumitan Kalimat Siswa Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang (UM).

Makalah, Seminar, Lokakarya, Penataran:

Suparno. 1998. Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Makalah disajikan dalam Kongres Bahasa Indonesia VII Jakarta, 26-30 Okt. Jakarta: Depdikbud.

Internet (artikel dalam jurnal online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5, No. 4, http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000.