IbM Kaum Ibu yang Berisiko Kanker Payudara di GMIST Imanuel Tahuna Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe Propinsi Sulawesi Utara

  • Detty J. Kalengkongan Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Yenny B. Makahaghi Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Jelita S. Hinonaung Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: resiko, kanker payudara, kaum perempuan

Abstract

Mitra sasaran program IbM, yaitu kaum perempuan yang tergabung pada organisasi keagamaan yang ada di Pelayanan Kategorial kaum perempuan rayon I dan II GMIST Jemaat Imanuel Tahuna Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe Propinsi Sulawesi Utara. Daerah pemukimanan kedua kelompok mitra ini merupakan daerah yang berisiko tinggi terhadap terjadinya kanker payudara pada kaum perempuan.
Masalah yang ada yaitu, meningkatnya kejadian kanker payudara pada kaum perempuan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal ini didukung dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, dengan judul Gambaran kejadian kanker payudara di RSUD Liun Kendage Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe Propinsi Sulawesi Utara. Dari 62 kasus yang ditemukan, sebagian besar sudah berada pada stadium lanjut. Bahkan ada kasus yang ditemukan pada lokasi program ini. Masalah yang dihadapi oleh ibu-ibu ini yaitu, belum mengetahui tentang kanker payudara, takut memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan, belum mengetahui cara deteksi dini terjadinya kanker payudara, serta masih kurangnya sosialisasi dari petugas kesehatan tentang kanker payudara. Tujuan kegiatan ini yaitu, agar kaum perempuan yang menjadi mitra sasaran kegiatan ini, dapat mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker payudara, mengurangi risiko terjadinya kanker payudara, dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), menjaga kebersihan diri dan memperpanjang usia harapan hidup. Metode pelaksanaan yang diterapkan yaitu: Penyuluhan, Demonstrasi/simulasi, melatih mitra sasaran dalam hal pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Evaluasi dan pendampingan bagi ibu-ibu yang berisiko. Luaran dari kegiatan ini, melakukan pemeriksaan payudara sendiri, menggunakan fasilitas kesehatan, Jurnal Artikel Ilmiah Nasional terakreditasi dan buku praktis/brosur/liflet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrowati, Lindra. 2013. Faktor Risiko Kanker Payudara Wanita. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Semarang

Departemen Kesehatan RI. 2007. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Litbangkes, Jakarta.

Desanti, Ophi, dkk. 2010. Persepsi Wanita Berisiko Kanker Payudara tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri di Kota Semarang Jawa Tengah.
Berita Kedokteran Masyarakat Semarang.

Dinas Kesehatan Kepulauan Sangihe. 2013. Profil Kesehatan Kepulauan Sangihe.

Kemenkes R.I. 2013. Prevalensi Kanker Payudara di Indonesia.

Mulyani, S., & Nuryani. 2013. Kanker Payudara dan PMS pada Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Puskesmas Manganitu. 2017. Data Registrasi Penyakit. Profil Puskesmas. 2017. Aspek Pelayanan Kesehatan. Profil Puskesmas.

RSUD Liunkendage Tahuna. 2015. Kejadian, Kanker Payudara. Profil RS.

Simanjorang, dkk. 2015. Gambaran Epidemiologi Kanker Payudara di Rumah Sakit Umum Liunkendage Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Worl Health Organization (WHO), 2008. Prevalensi kejadian Kanker Payudara di dunia.

WHO. 2012. http://www.google.co.id . Epidemiologi Kanker Payudara di dunia.
Published
2018-11-19