ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN BIDANG PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2018

ANALYSIS OF SOCIETY SATISFACTION INDEX ON LIBRARY FIELD SERVICES IN LIBRARY AND FILING DEPARTMENT ON DISTRICT OF PROBOLINGGO

  • Dwi Yanto Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer
  • Sisbiyanto Sisbiyanto Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer
  • Ninanesia Rusdiana Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer
Keywords: Tingkat Kepuasan, Unsur Layanan, Perpustakaan

Abstract

Survei tingkat kepuasan masyarakat menggunakan metode survei kualitatif dilakukan oleh
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo dengan mengacu kepada Undang-undang no
25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Hal ini sebagai wujud kepatuhan sekaligus salah satu upaya
pelaksanaan Rencana Strategis. Selain itu juga bertujuan mengetahui unsur layanan mana yang perlu
ditingkatkan dalam upaya peningkatan mutu layanan. Penelitian ini membahas tingkat kepuasan
masyarakat pengguna layanan Perpustakaan menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan data
survei didapatkan 5 unsur dengan hasil tertinggi, yakni pada unsur petugas rapi dan bersih 78,30%,
petugas ramah dan sopan 77,23%, petugas adil 76,57%, kondisi rak buku 76,00% dan perpustakaan
nyaman dari sisi penerangan dan sirkulasi udara sebesar 75,90%. Sedangkan 5 unsur dengan hasil
terendah yakni ketersediaan alat pemadam kebakaran 57,13%, kebersihan toilet 59,07%, ketersediaan
tempat penitipan barang 59,20%, akses wifi 61,27% dan terkait dengan biaya dan denda terlambat sebesar
61,70%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pham, Thuy Giang., 2014. Academia. [Online] Available at:http://www.academia.edu/34196971/Marketing_Management_14th_Edition_-_Kotler_and_Keller.pdf[Accessed 3 October 2018]

Anonim., 2016. teknikelektronika. [Online] Available at: http://teknikelektronika.com/pengertianskala-likert/
[Accessed 1 October 2018]

Anonim., 2004. Pelayanan Perijinan Terpadu Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
[Online]Available at:http://p2t.jatimprov.go.id/uploads/KUMPULAN%20PERATURAN%20PERIZINAN%20PER%20SEKTOR%202014/K
EBUDAYAAN%20PARIWISATA/kepmenpan%20nomor%2026%20tahun%20
2004.pdf[Accessed 1 October 2018].

Anonim., 2014. Badan Standarisasi Nasional. [Online] Available at: http://www.bsn.go.id/uploads/download/
analisis_kepuasan_pelanggan_menpan-20141.pdf [Accessed 2018].

Moenir, H.A.S., 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Suharsini, A., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Yunus, 2010. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Perpustakaan di Badan Perpustakaan
Dan Kerasipan Provinsi Jawa Timur Tahun 2009. Pustakawan Muda Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi
Jawa Timur, 17(3 dan 4).
Published
2018-11-01