DUKUNGAN KELUARGA PADA ANAK DENGAN MASALAH KETERLAMBATAN MENTAL DI KECAMATAN MANGANITU

FAMILY SUPPORT ON CHILDREN WITH PROBLEMS MENTAL DELAY IN THE DISTRICT OF MANGANITU

  • Yenny Budiman Makahaghi Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Nansy Pangandaheng Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: Dukungan keluarga, anak keterlambatan mental, Manganitu Sangihe

Abstract

                Menjaga dan membesarkan anak berkebutuhan khusus merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai orang tua karena anak merupakan anugerah Tuhan yang dititipkan bagi setiap orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan keluarga merawat anak dengan keterlambatan mental di Kecamatan Manganitu. Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara kepada 5 keluarga yang merawat anak di Kecamatan Manganitu. Analisis data yang digunakan mengacu pada tujuh langkah teknik analisis data collaizi. Hasil penelitian ini yaitu dukungan keluarga pada anak dengan masalah keterlambatan mental sangat penting mulai dari memberikan mencari informasi tentang kesehatan anak, kebutuhan makan minum, fasilitas pendidikan sampai kasih sayang yan diberikan merupakan dukungan terbesar yang diharapkan oleh anak dengan keterlambatan mental sehingga anak akan merasa dihargai dan sayangi oleh orang tua. Kesimpulan:  Dukungan keluarga yang diberikan orang tua pada anak dengan masalah keterlambatan mental yaitu dukungan Informasi, dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan penghargaan. Orang tua memiliki peran terhadap tumbuh kembang anak

Caring for and raising children with special needs is the duty and responsibility of parents because children are God's gifts that are entrusted to every parent. The purpose of this study was to determine family support in caring for children with mental retardation in Manganitu District. Method: this study used a qualitative research method with interview techniques to 5 families who cared for children in Manganitu District. The data analysis used refers to the seven-step collaizi data analysis technique. The results of this study are that family support for children with mental retardation is very important, starting from providing information about children's health, eating and drinking needs, educational facilities to the affection that is given, which is the greatest support expected by children with mental delays so that children will feel valued and loved by parents. Conclusion: Family support given by parents to children with mental retardation problems, namely information support, emotional support, instrumental support and appreciation support. Parents have a role in the development of children.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yenny Budiman Makahaghi, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Keperawatan, Jurusan Kesehatan

References

Batubara, I. K. (2018). Peran Single Parents dalam Memenuhi Kebutuhan Sosial Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Ibu sebagai Single Parents di Kelurahan Semula Jadi Kota Tanjungbalai) Universitas Sumatra Utara. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2739/1/FILE%20KASET%20ARI.pdf

Dianto. Mori. (2017). Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care. Volume 1 Nomor 1, Januari-Juni 2017, p. 42-51 ISSN : 2581-0650 (Online) http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/counseling

Friedman, M.M.., (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktik. Edisi 5. EGC: Jakarta.

Kurniati, E.,Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Single Parents dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Uisa Dini. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKA/article/view/2896

Rahmawati, Nur Indah. (2016). Dukungan Informasional Keluarga Berpengaruh dalam Pemberian ASI Eksklusif di Desa Timbulharjo Sewon Bantul. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JNKI

Ruliati. (2020). Dukungan Orangtua terhadap fungsi sosial pada anak Retardasi Mental Studi di SLB Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu”. Vol 11, No 02. https://stikes-yogyakarta.ejournal.id/JKSI/article/view/123

Sandi, Yudisa. D.L (2018). Pengalaman Hidup Orang Dengan Kusta Studi Fenomenologi. Tesis. https://repository.unair.ac.id/

Soge, E.,Bunga, B. N., Thoomaszen,F., & Killing, I. Y. (2017). Persepsi Ibu Terhadap Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini’, Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(2), pp. 85–92. Available at: https://journal.unnes.ac.id

Suryani Ulfa & Yazia Velga. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Tingkat Stres Pada Ibu Yang Memiliki Anak Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia.Volume 10 No 4, November 2022. https://jurnal.unimus.ac.id.

Suryaningsih, C, Wulan A, & Mulyati, R. (2020). Pengalaman Ibu Yang Mempunyai Anak Usia Sekolah Dengan Retardasi mental. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad Vol XIII, No.2. September 2020. http://e-jurnal.stikesalirsyadclp.ac.id/index.php/jka/article/view/87/99

Syahda, Syukriant & Mazdarianti (2018). Hubungan dukungan keluarga terhadap Kemandirian anak retardasi mental di SDLB Bangkinang. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018 Halaman 43-48.https://www.neliti.com/publications

Tanjung ,Bunga Shashilya & Iswari Mega (2019). Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Anak Tunanetra Di Sekolah Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Volume 7 Nomor 2 Tahun 2019 ISSN: Online 2622-5077. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/104809

Qurrata. (2020). Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Pasien Post Operasi Katarak. Pustaka Galeri Mandiri

Published
2023-11-09