Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Extend Analysis pada Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) (Studi kasus pada Politeknik Negeri Nusa Utara)

(Lecturer Performance Evaluation Using Extend Analysis Method on Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) (Case study at Nusa Utara State Polytechnic))

  • Stendy B. Sakur Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Abraham Al Mubarak Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: evaluasi kinerja dosen, metode Fuzzy-AHP, Framework Qt/C

Abstract

Dosen merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang mutu pendidikan sebuah perguruan tinggi sehingga peningkatan kualitas kerja dosen secara langsung ataupun tidak langsung dapat mempengaruhi peningkatan kualitas lulusan. Karena pentingnya posisi dosen dalam suatu perguruan tinggi sehingga perlu adanya evaluasi untuk mempertahankan ataupun meningkatkan standar mutu dosen melalui suatu kajian evaluasi kinerja dari setiap dosen. Kinerja dosen seperti termuat dalam Tri Darma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi kinerja dosen yang dititikberatkan
pada kriteria pendidikan dan pengajaran dengan memfokuskan pada opini dari mahasiswa sebagai pelaku yang bersinggungan langsung dengan dosen. Kategori ini terdiri dari kriteria pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang masing-masing memiliki sub-attribute sesuai dengan karakteristik masingmasing. Metode Extend Analysis digunakan pada Fuzzy-Analytical hierarchy process (F-AHP), dimana metode ini dapat menentukan tingkat kekaburan dari sebuah data secara akurat yang dapat memberikan proses perangkingan dengan tepat. Terdapat sepuluh partisipan (mahasiswa) yang melakukan pengisian data kuisioner secara serentak dan terdapat lima dosen yang memberikan opini menyangkut tingkat kepentingan untuk kriteria dan sub-attribute, serta lima dosen yang akan dievaluasi untuk mendapatkan perangkingan. Sistem dikembangkan menggunakan framework Qt/C++ dengan IDE QtCreator serta menggunakan teknik parallel programming dengan QThread untuk menjaga kestabilan thread utama dari sistem. Berdasarkan pengujian yang dilakukan hasil perangkingan secara berurutan adalah GL, ST, AT, CK
dan AP dengan rata-rata nilai secara berurutan adalah 0.256373, 0.214040, 0.190877, 0.177651 dan 0.161058, dengan kecepatan waktu proses sebesar ± 33 detik 58 milisecond. Kesimpulannya, sistem yang telah dibuat dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja dosen dengan jumlah sub-attribute yang relatif banyak dengan waktu pemrosessan yang relatif cepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Stendy B. Sakur, Politeknik Negeri Nusa Utara

Departement of Information System Nusa Utara State Polytechnic 

https://sakurweb.com/penelitian/

Abraham Al Mubarak, Politeknik Negeri Nusa Utara

Departement of Information System Nusa Utara State Polytechnic

References

Blanchette, J., & Summerfield, M. 2006. C++ GUI Programming with Qt 4. Courier in Stoughton, massachusetts: prentice hall.

Chang, Y.D. 1996. Theory and Methodology Application of the Extend Analysis Method on Fuzzy AHP. Europen Journal of Operational Research, SSD
0377-2217(95) 00300-2, 649-655.

Demirel, T., Demirel, N.C., & Kahraman, C. 2008. Fuzzy analytic hierarchy process and its application. s.l.:springer science + Business media, LLC 2008.

Kahraman, C., Cebeci, U., & Ruan, D. 2004. Multi-Attribute Comparison Of Catering Service Companies Using Fuzzy AHP: The Case of Turkey.
International Journal Of Production Economics, Volume 03, pp. 171-184.

Kulak, O., & Kahraman, C. 2005. Fuzzy Multi-Attribute Selection Among Transportation Companies Using Axiomatic Design And Analytic Hierarchy Process. information sciences, Vol. 170(Issues 2-4), pp. Page 191-210.

Saaty, T.L. 2008. Decision Making With The Analytic Hierarchy Process. international Journal Services Sciences, Volume Vol. 1, No.1, pp. P. 83-98.

Sakur (a), S. 2016. Pengaruh Graphical User Interface Untuk Industri Medis: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Ilmiah Tindalung, Januari, Volume 14, No.1, pp. P. 85-95.

Sakur, S., & Tjandrasa, H. 2016. Klasifikasi aktvitas mental berdasarkan data EEG menggunakan metode hibrid neural network dan fuzzy particle
swarm optimization dengan cross-mutated operation. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Volume 14, Nomor 1, pp. Januari 2016: 44-62.

Zadeh, L.A. 1965. Fuzzy Set. Information And Control, Volume Volume 8, pp. 338-353.

Widaningrum, I. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy-AHP). Yogyakarta, STMIK AMIKOM Yogyakarta,, pp. 253-259.

DIKTI. 2015. Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (SERDOS) Terintegrasi. Buku 1 - Naskah Akademik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Published
2017-11-01