Pemantauan Tumbuh Kembang Anak TK Katolik Santu Agustinus Tahuna

  • Ferdinand Gansalangi Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Gracia Tooy Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Maryati Tatangindatu Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Agneta Lalombo Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: perkembangan anak, faktor, program kerja

Abstract

Perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui tumbuh kematangan dan belajar. Deteksi dini tumbuh kembang anak ditempuh melalui pemeriksaan fisik rutin. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada anak yaitu faktor hereditas dan faktor lingkungan. Faktor hereditas meliputi faktor bawaan, jenis kelamin. Tujuan pemantauan pertumbuhan berat badan adalah untuk menilai hasil peningkatan atau penurunan semua jaringan yang ada pada tubuh (tulang, otot, lemak, cairan tubuh) sehingga akan diketahui status gizi anak atau tumbuh kembang anak. Tujuan pemantauan pengukuran gizi badan adalah untuk menilai status perbaikan gizi disamping faktor genetik dan merupakan indikator yang baik untuk pertumbuhan fisik. Penyusunan program kerja ini dimaksudkan agar kegiatan yang dilaksanakan menjadi lebih teratur dan terarah. Program kerja ini meliputi semua hal-hal yang bersifat teknis, manajerial dan penjadwalan (time schedule).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Latief, A., Tumbelaka, A.R., Matondang, C.S., dkk. 2013. Diagnosis Fisis pada Anak edisi ke-2. Jakarta: CV Sangung Seto.

Mansjoer, A.M. 2010. Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2 edisi ketiga. Jakarta: Media Aesculapius.

Moehji, S. 2013. Ilmu Gizi 1: Pengetahuan Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Bhratara.

Moehji, S. 2013. Ilmu Gizi 2: Penanggulangan Gizi Buruk. Jakarta: Bhratara.

Tim Field Lab FK UNS dan UPTD Puskesmas Sibela Surakarta. 2010. Manual Field Lab Ketrampilan PEMANTAUAN STATUS GIZI ANAK. Surakarta: Field Lab FK UNS.
Published
2018-11-19