IbM Kelompok Nelayan Lindongan I dan Lindongan Ii Desa Tawoali:

Teknik Penanganan Ikan di atas Kapal

  • Frets Jonas Rieuwpassa Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Eko Cahyono Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Stevy Imelda M. Wodi Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: nelayan, Desa Tawoali, penanganan ikan

Abstract

Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi tahapan Survei, mengindentifikasi masalah yang ditemui oleh masyarakat nelayan Desa Tawoali dan melakukan pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat nelayan. Selanjutnya diberikan bantuan kepada masyarakat untuk mempermudah kegiatan penanganan di atas kapal dan tahapan terakhir adalah monitoring dan evaluasi pasca pelaksanaan kegiatan pengabdian. Pencapaian hasil kegiatan ini adalah 1) Masyarakat nelayan Desa Tawoali mampu melakukan teknik penanganan yang baik dan benar 2) masyarakat nelayan Desa Tawoali mampu melakukan cara pengesan yang baik dan benar 3) masyarakat nelayan Desa Tawoali mampu melakukan penerapan sanitasi higienis selamam penanganan ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Metusalach, Kasmiati, Fahrul, Ilham Jaya. 2014. Pengaruh Cara Penangkapan, Fasilitas Penangan dan Cara Penanganan Ikan Terhadap Kualitas Ikan yang Dihasilkan. Jurnal Ipteks PSP, Vol. 1 (1) : 40 – 52.

Quang, N.H. 2005. Guidelines for Handling and Preservation of Fresh Fish for Further Processing in Vietnam. The United Nation University Fisheries
Training Programme, Iceland. 57 p.
Published
2018-11-19