GAMBARAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KAMPUNG PALARENG KECAMATAN TABUKAN SELATAN

  • Mareike D. Patras Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Agneta S. Lalombo Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: Pengetahuan, Gizi Seimbang, Anak Usia Sekolah

Abstract

Sumber daya manusia terutama kepada anak diberikan makanan yang mengandung gizi seimbang. Anak mengalami pertumbuhan yang baik jika orang tua mampu memberikan asupan makanan yang baik. Makanan yang mengandung gizi seimbang dapat membantu anak dalam melaksanakan aktifitasnya sebagai penerus bangsa. Anak yang mengkonsumsi gizi seimbang umumnya mengalami pertumbuhan baik dari segi fisik maupun dalam fungsi tubuh yang lebih kuat. Tubuh yang kuat dalam masa anak yang rentan antara bayi sampai remaja dapat membantu anak dapat mengalami pertumbuhan otak sebelum menjadi anak sekolahan. Tujuan Penelitian : Diketahuinya gambaran pengetahuan orang tua tentang gizi seimbang pada anak usia sekolah.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian deskritif dengan metode survey. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu populasi terjangkau sebanyak 40 dengan pengambilan sampel ialah total sampling dan berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil Penelitian yaitu hasil Pengetahuan orang tua tentang gizi seimbang pada anak usia sekolah di Kampung Palareng berpengetahuan baik sebanyak 26 responden (65 persen).Kesimpulan hasil penelitian yaitu pengetahuan orang tua tentang gizi seimbang pada anak usia sekolah di Kampung Palareng 65 persen berpengetahuan baik. Diharapkan orang tua dapat mempraktekan pengetahuan mereka yang baik tentang gizi seimbang kepada anak-anak agar kesehatan anak dapat optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mareike D. Patras, Politeknik Negeri Nusa Utara

Jurusan Kesehatan Program studi keperawatan, Politeknik Negeri Nusa Utara
Jl. Kesehatan No. 1 Tahuna - Sulawesi Utara

Agneta S. Lalombo, Politeknik Negeri Nusa Utara

Jurusan Kesehatan Program studi keperawatan, Politeknik Negeri Nusa Utara
Jl. Kesehatan No. 1 Tahuna - Sulawesi Utara

References

Anggoro. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Dasar Di SDN Jatian 03 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. diakses tanggal 15 juni 2017.

Arisman, S. (2001). Gizi dalam daur kehidupan. Jakarta: EGC

Azan, S. (2010). Gizi dan pola hidup sehat Bandung: CV Yrama Widya.

Farhan, (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu Rumah Tangga tentang Gizi Seimbang dengan Perilaku Pemenuhan Gizi pada anak usia 6-12 tahun di Desa Banjarmasin Kecamatan Ciangi Kabupaten Bogor, Skripsi Universitas Islam Negeri
Syarief Hidayatulla Jakarta. Repositori, diakses 1 juli 2017.

Ghozalli. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pesan Gizi Seimbang Terhadap Praktek Penyiapan Menu Makanan Pada Anak Di SD Muhammadiyah 01 Kecamatan Samarinda Ulu. Diakses tanggal 20 juni 2017.

Hidayat, A. A. (2007). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah Jakarta: Salemba Medika.
Published
2018-03-01