PENERAPAN MANAJEMEN PERAWATAN LUKA PADA KLIEN POST SECTIO CAESAREA DI RSD LIUN KENDAGE TAHUNA

  • Titi Suryani Arum Tampilang Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Christien Anggreini Rambi Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Ferdinand Gansalangi Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: Manajemen Perawatan Luka, Post Sectio Caesarea

Abstract

Sectio caesarea memiliki resiko yang mengancam nyawa, salah satunya resiko infeksi. Catatan medis menunjukan 15 persen kematian ibu nifas akibat infeksi Jadi perawatan luka yang salah dapat menyebabkan infeksi yang berujung pada kematian. Tujuan studi kasus ini untuk menggambarkan penerapan manajemen perawatan luka post sectio caesarea yang sesuai standar. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan kepada tiga klien pot sectio caesarea selama 7 hari. Hasil: 2 dari 3 klien menunjukan penyembuhan luka yang baik pada hari ketujuh setelah diterapkan perawatan luka yang sesuai standar. Kesimpulan: Manajemen perawatan luka yang sesuai standar dan sikap positif klien dalam menunjang proses perawatan akan membantu proses penyembuhan luka dan menurunkan intensitas nyeri sehingga meningkatkan kemampuan mobilitas klien. Saran: perawat dapat meningkatkan perawatan luka dan penyuluhan kesehatan, agar dapat tercipta sikap positif pada klien untuk menunjang perawatan luka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Titi Suryani Arum Tampilang, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Keperawatan Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Nusa Utara
Kampus POLNUSTAR Jl.Kesehatan No.1 Tahuna

Christien Anggreini Rambi, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Keperawatan Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Nusa Utara
Kampus POLNUSTAR Jl.Kesehatan No.1 Tahuna

Ferdinand Gansalangi, Politeknik Negeri Nusa Utara

Program Studi Keperawatan Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Nusa Utara
Kampus POLNUSTAR Jl.Kesehatan No.1 Tahuna

References

Hakim, Y., (2015). Gambaran pengetahuan dan sikap perawat tentang pelaksanaan standar oprasional prosedur (SOP) perawatan luka di ruang bedah RSUD Prof Dr. H.
Aloeisaboe kota Gorontalo. Diakses pada 16 Mei 2018 .

Himatusujanah., & Rahayuningsih, B, F., (2008). Hubungan tingkat kepatuhan pelaksanaan protap perawatan luka dengan kejadian infeksi luka post
sectio caesarea (SC) di Ruang Mawar RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Surakarta : Jurusah S1 Keperawatan FIK UMS. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas
Muhamadiyah Surakarta. Diakses pada 17 Mei 2018 .

Meo, M, P (2015), dkk., (2015). Hubungan pengetahuan ibu tentang luka post sectio caesarea dengan penyembuhan luka post sectio caesarea di poliklinik kebidanan dan
kandungan RSUD Kota Surakarta. Priode 26 Oktober sampai 07 Desember 2015. Diakses pada tanggal 11 mei 2018. .

Notoatmodjo S. 2007. Ilmu masyarakat: ilmu dan seni. Rinekacipta: Jakarta.

Pratiwi, R, Dkk,. (2018). Penurunan intensitas nyeri akibat luka post section caesarea setelah dilakukan latihan teknik relaksasi pernapasan menggunakan aroma terapi lavender di Rumah Sakit Al Islam Bandung. Bandung: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran Bandung. Diakses pada 15 mei 2018 .

Rahman, M., dkk., (2018) Hubungan antara pelaksanaan prosedur pencegahan infeksi pada pasien post operasi dengan proses penyembuhan luka di rumah sakit islam unisman Malang. Nursing News. Vol. 3(1). p. 14. Diakses pada 18 Mei 2018 .

Safitri, Y., & Chayanti, D, R., (2016). Hubungan tingkat pengetahuan dan motivasi terhadap kemandirian ibu nifas dalam perawatan diri selama early post partum. Program Studi S- 1 Kedokteran Umum Fakultas Kedoteran Universitas Diponegoro. Diakses pada 16 Mei 2018 .

Septyani, M, dkk., (2015). Hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap perawat tentang luka diabetes menggunakan teknik moist wound healing. Riau:
Program Studi Ilmu Keperawatan universitas Riau. Diakses pada 16 Mei 2018 .

Shofani, A, K., (2011). Hubungan antara intensitas nyeri dengan disabilitas aktivitas sehari-hari pada pasien nyeri punggung bawah (NPB) di RSUD Dr. Meowardi Surakarta. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Muhamaiyah Surakarta. Diakses pada 17 Mei 2018 .

Widyastuti, D, dkk., (2016). Gambaran sikap ibu nifas tentang perawatan luka perineum di RSD Wonosari Gunung Kidul.Yogyakarta : Fakultas Ilmu Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta. Diakses pada 22 mei 2018 .
Published
2018-11-01