PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG METODE KONTRASEPSI PADA IBU PRIMIPARA DI RUANGAN DAHLIA RUMAH SAKIT DAERAH LIUNKENDAGE TAHUNA SANGIHE

APPLICATION OF HEALTH EDUCATION ABOUT CONTRACEPTIVE METHOD TO PRIMIPAROUS MOTHER IN THE DAHLIA ROOM IN LIUNKENDAGE HOSPITAL TAHUNA SANGIHE

  • Nur Azizah Usman Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Nansy Pangandaheng Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Christien Rambi Nursing
Keywords: Pendidikan Kesehatan, Primipara, Metode Kontrasepsi

Abstract

Program keluarga berencana memungkinkan pemerintah untuk menurunkan angka fertilitas dan meningkatkan perbaikan kesehatan, kesejahteraan, hak asasi manusia, dan pendidikan. Di beberapa negara berkembang penggunaan kontrasepsi masih terbatas.Pendidikan kesehatan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang alat kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode pendidikanesehatan tentang kontrasepsi pada Ibu primipara di ruangan Dahlia RSD Liun Kendage Tahuna.Desain penelitian menggunakan rancangan deskriptif dengan pendekatan proses keperawatan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2019 dengan subyek penelitian 2 ibu primipara post sectio caesarea. Penelitian menggunakan format pengkajian maternitas dan SAP. Data disajikan secara narasi dan dalam bentuk tabel. Saat dikaji klien tidak tahu tentang kontrasepsi, setelah dilakukan pendidikan kesehatan kedua klien mengetahui metode kontrasepsi. Klien yang pertama memilih kontrasepsi suntik, sedangkan klien kedua memilih kontrasepsi pil. Dapat disimpulkan bahwa kedua klien mengetahui metode kontrasepsi dan memilih untuk menggunakan salah satu metode kontrasepsi setelah dilakukan pendidikan kesehatan.

 

Family planning programs enable the government to reduce fertility rates and improve health, welfare, human right and education. In some develop countries used of contraception was still limited. Health education is one way to increase knowledge about contraception. The purpose of the research  was to know the description of  the application of health education method about contraception to primiparous mother in Dahlia room. The Research used decriptive design with nursing process. The research was conducted in May 2019 with 2 two primiparous mothers as the respondent, and used maternity nursing assestment and SAP. Data were presented in tabular form accompanied by narrative explanation. The respondents did not know about contraceptive method before gived the health education. But, after the respondents gived the health education, they were understood the contraceptive method. The first client choose injection contraception the second client choose pill contraceptive. Can be concluded that both of clients know the contraceptive method and choose to use one of the contraception methods after health education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kamariyah Nurul. 2015. Tingkat pengetahuan Ibu Meneteki Mempengaruhi Jenis Kontrasepsi Suntik di Pustu Kangenan Pamekasan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Volume 8 Nomor 1 e-ISSN 2477-3948, diakses di https://journal2.unusa.ac.id

Kaseuntung Christiana, Kundre Rina, dan Bataha Yolanda. 2015. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Pengetahuan Wanita Subur (WUSH) dalam Memilih Kontrasepsi di Desa Kalama Darat Kecamatan Tamako Kepulauan Sangihe. Journal Keperawatan Volume 3 Nomor 3 Agustus 2015 ISSN 2302-1152, diakses di https://ejournal.unsrat.ac.id

Kemenkes RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kusumaningrum R. 2009. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pemilihan Jenis Kontrasepsi yang Digunakan pada Pasangan Usia Subur. Universitas Diponegoro, diakses di https://eprints.undip.ac.id

Lasut Veby Monica, Palandeng Henry, dan Bidjuni Hendro. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan PUS Tentang Alat Kontrasepsi Implan di Wilayah Kerja Puskesmas Nuangan Bolaang Mongondow Timur. Diakses di https://media.neliti.com

Mubarak W.I. 2011. Promosi Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurlaela, D dan Harahap, D. 2013. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Tentang Metode Kontrasepsi pada Primipara. Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan: Universitas Indonesia, Depok, diakses di https;//.lontar.ui.ac.id tanggal 4 Juli 2019.

Nursalam. 2010. Konsep dan Penerapan Metode Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Putri Ni Put Ditadiliyana, Pradnyaparamitha, dan Ani Luh Seri. 2018. Hubungan Karakteristik, Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem Bali. Jurnal Medika Udayana Volume 8 Nomor 1 2019.

Sukriani dan Wulandari Priharyanti. 2012. Jurnal: Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Alat Kontrasespsi dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi pada Ibu Primipara di Wilayah Kerja Puskesmas Tambakaji. Diakses di https://jurnal.unismus.ac.id tanggal 4 Juli 2019.

Wahyuni Sri, Nurmalia Resyana, dan Mintarsih Wiwin. 2017. Efektifitas Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan Wanita Usia Subur tentang Alat Kontrasepsi Dalam Rahim di Desa Cilampunghilir Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmala. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia Volume 1 Nomor 1 Juni 2017 e-ISSN 2615-562.

Published
2021-01-21