POLA ASUH IBU TERHADAP ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD EFRATA TAHUNA KECAMATAN TAHUNA
Abstract
Pola asuh orang tua merupakan segala bentuk dan proses interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak yang merupakan pola pengasuhan tertentu dalam keluarga yang akan memberi pengaruh terhadap perkembangan kepribadian anak. Anak usia prasekolah adalah mereka yang berusia antara tiga sampai enam tahun. Anak prasekolah adalah pribadi yang mempunyai potensi berbagai macam potensi. Potensi-potensi itu di rangsang dan di kembangkan agar pribadi anak tersebut berkembang secara optimal. Tertunda atau terhambatnya perkembangan potensi-potensi itu akan mengakibatkan timbulnya masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pola asuh ibu terhadap anak usia prasekolah. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa yang menerapkan pola asuh otoriter ada 2 responden (5.4 persen), yang menerapkan pola asuh Demokratis ada 32 responden (86.5 persen) dan 3 responden (8.1 persen) menerapkan pola asuh permisif. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pola asuh ibu terhadap anak usia prasekolah di PAUD EFRATA Tahuna menerapkan tipe pola asuh Demokratis yaitu sebanyak 86.5 persen). Diharapkan sebagai guru agar dapat mengajarkan sikap yang menunjukan perilaku mandiri dan dapat membuat anak mudah berinteraksi dengan teman sebayanya dengan baik, mampu menghadapi stress, mempunyai minat terhadap hal-hal yang baru, kooperatif dengan orang dewasa, penurut, patuh, dan berorientasi pada prestasi.
Downloads
References
adolescents in Bandah Aceh, Indonesia, Journal of social sciences & humanities, 20 (3) : 736–7.
Anwar, A.H. 2007. Pola asuh orang tua.FKUI: Jakarta.
Anonim. 2007. Ilmu Kesehatan Pediatrik. EGC: Jakarta.
Baumrind, D. 2010. Developmental psychology. original descriptions of the styles, diakses tanggal 2 Maret 2016,
http:/ /www.personal.psu.edu/
Edwards. 2007. Pola asuh orang tua.http://digilib.unnes.ac.id, diakses Tanggal 2 Maret 2016
Gunarsa, Singgih. 2010. Psikologi perkembangan dan remaja: Jakarta.
Kansil, R. 2015. Studi pola asuh ibu pada anak prasekolah di TK Tunas Harapan Kelurahan Tidore. Jurusan Kesehatan
Politeknik Negeri Nusa Utara Tahuna.
Mariani L, Andriani E. 2005. Perbedaan asertivasi remaja ditinjau dari pola asuh orang tua. Jakarta
Markum, A.H. 2004. Ilmu keperawatan anak Jilid 1. Jakarta: FKUI
Nursalam. 2005. Konsep & penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Pedoman skripsi, tesis dan instrumen
penelitian keperawatan. Edisi Pertama. Salemba Medika: Jakarta.
Snawman dan Patmonodewo S. 2008. Pendidikan anak prasekolah. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Supartini, Yupi. 2008. Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: penerbit Buku Kedokteran EGC.
Suharsono, JT. 2009. Hubungan pola asuh orang tua terhadap kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK
Pertiwi Purwokerto Utara. Purwokerto: Program Pascasarjana poltekkes Purwokerto.
Suseno, D. 2010. Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia prasekolah Di TK Aisyiyah
Mendungan Sukoharjo Purwokerto: Program Pascasarjana Poltekkes Purwokerto.
Taganing NM, Fortuna F. 2008. Hubungan pola asuh otoriter dengan prilaku agresif pada remaja. Fakultas psikologi
Universitas Gunadarma.
Waleys’s dan Wong, (2006). Pedoman klinis keperawatan pediatrik Edisi 5. Jakarta: EGC.
Zukaidah, S. 2007. Pengaruh pola asuh orang tua tentang pendidikan Agama Islam terhadap prestasi dan perilaku Keagamaan siswa kelas VIII SLTP Mhamadya II Yogyakarta”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.