EFISIENSI PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG DIBUDIDAYAKAN DI SISTEM AKUAPONIK

  • Deidy Azhari Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Numisye Iske Mose Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Jane R. Seke Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: ikan nila, akuaponik, efisiensi pakan, kualitas air

Abstract

Teknologi akuaponik merupakan gabungan antara sistem hidroponik dan akuakultur yang dapat mengatasi persoalan kualitas air dan optimalisasi lahan untuk peningkatan kualitas produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pakan ikan nila yang dibudidayakan di kolam akuaponik dan kolam konvesional. Penelitian dilaksanakan selama 30 hari di Jurusan Perikanan dan Kebaharian Politeknik negeri nusa utara. Tahapan dalam penelitian antara lain persiapan bahan sistem uji dan sistem akuaponik, pemberian pakan, pengukuran efisiensi pakan dan analsis data. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi pakan ikan nila dikolam akuaponik lebih rendah dibandingkan kolam konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Deidy Azhari, Politeknik Negeri Nusa Utara

Staf pengajar di Program Studi Teknologi Budidaya Ikan, Polnustar

Numisye Iske Mose, Politeknik Negeri Nusa Utara

Staf pengajar di Program Studi Teknologi Budidaya Ikan, Polnustar

Jane R. Seke, Politeknik Negeri Nusa Utara

Almuni mahasiswi Program Studi Teknologi Budidaya Ikan, Polnustar

References

Dauhan, R. Suparmono, E. 2014. Efektivitas sistem akuaponik dalam mereduksi konsentrasi amonia pada sistem budidaya ikan. E-Jurnal rekayasa dan teknologi budidaya perairan. Vol. III No.1 Hal. 297-304.

Effendie, M. I. 1997. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara. 163 hlm. Yogyakarta.

Handajani, H. 2011. Optimalisasi subtitusi tepung Azzola terfermentasi pada pakan ikan untuk meningkatkan produktivitas ikan nila gift. Jurnal Teknik Industri Vol. 12 No. 2 Hal. 177-181.

Mulyani, Y. Yulisman, Fitrani. 2014. Pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipuasakan secara periodik. Jurnal akukultur rawa Indonesia
Vol. 2 No. 1. Hal. 1-12.

Nugroho R.A., Pambudi L.T., Chilmawati D., Haditomo A.H.C. 2012. Aplikasi teknologi akuaponik pada budidaya ikan air tawar untuk optimalisasi kapasitas produksi. Jurnal Saintek Perikanan Vol 8. No. 1

Putra I., Setiyanto D. D., Wahyuningrum D. 2011. Pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila Oreochromis niloticus dalam sistem resirkulasi. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol. 16 No. 1 Hal. 53-63.

Setiawati M, Sutajaya R., Suprayudi M.A. 2008. Pengaruh perbedaan protein dan rasio energi. Aquacultura Indonesia Vol. 9 No. 1 Hal. 31-38.

Wicaksana S.N., Hastuti S., Arini E. 2015. Performa produksi ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang dipelihara dengan sistem biofilter akuaponik dan konvensional.
Journal of agriculture management and technology. Vol. 4 No.4 Hal.109-116
Published
2018-03-01