IbM Kaum Ibu Yang Berisiko Kanker Payudara di Kelompok Wilayah Pelayanan XVII GMIST Imanuel Tahuna Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe

  • Detty J. Kalengkongan Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Maryati A. Tatangindatu Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: ibu-ibu, resiko, anker payudara

Abstract

Mitra sasaran program ini yaitu kaum ibu GMIST Imanuel Tahuna yang ada di kelompok wilayah pelayanan (KWP) XVII dan XVIII kelurahan Sawang Bendar dan Apengsembeka Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe. Daerah ini termasuk salah satu pemukiman ibu-ibu yang berisiko tinggi terhadap terjadinya kanker payudara. Ibu-ibu ini tergabung dalam 1 (satu) organisasi sosial Gerejawi yang menjadi mitra program ini. Masalah yang dihadapi oleh ibu-ibu ini yaitu, belum mengetahui tentang kanker payudara, tanda dan gejala, takut memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan, resiko terjadinya kanker payudara pada semua wanita, belum mengetahui cara deteksi dini terjadinya kanker payudara, ekonomi keluarga menengah kebawah dan personal hygiene yang masih kurang. Tujuan kegiatan ini yaitu: 1). Untuk mengetahui tentang kanker payudara, tanda dan gejala, terjadinya kanker payudara, 2). Untuk mengetahui deteksi dini dengan cara periksa payudara sendiri (SADARI), 3). Mengurangi risiko terjadinya kanker payudara. Tujuan jangka panjang untuk meningkatkan kesehatan serta memperpanjang usia harapan hidup. Metode pelaksanaan yaitu: 1) Ceramah/penyuluhan, 2) Demonstrasi/simulasi 3) Pelatihan deteksi dini kanker payudara 4) Pendampingan dan Evaluasi. Luaran dari kegiatan ini brosur/liflet kanker payudara, Artikel ilmiah dan tindak lanjut pemeriksaan bagi ibu-ibu yang menunjukan adanya tanda dan gejala kanker payudara sebanyak tiga responden. Dapat disimpulkan setelah diberikan penyuluhan, serta mengajarkan cara deteksi dini terjadinya kanker payudara, ibu-ibu dapat mengetahui dan mengerti serta melaksanakan pemeriksaan payudara payudara sendiri,. Disarankan Untuk GMIST Imanuel Tahuna, agar dapat memasukan dalam program kegiatan gerejawi, tentang penyuluhan/ceramah tentang deteksi dini kanker payudara dalam program kategorial kaum perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrowati, Lindra. 2013. Faktor risiko Kanker Payudara Wanita. Jurnal Kesehatan Masyarakat Semarang

Desanti, Ophi, dkk. 2010. Persepsi Wanita Berisiko Kanker Payudara tentang Pemeriksaan Payudara sendiri di kota Semarang Jawa Tengah

Departemen Kesehatan RI, 2007. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Litbangkes, Jakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten sangihe, 2013. Profil Dinas Kesehatan. Kejadian Kanker payudara.

Ervina. 2011. Prevalensi Kanker payudara di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Bandung Periode JanuariDesember 2009. Bandung.

Haslinda, dkk.2013. Faktor Risiko Kejadian Kanker Payudara di RSU DR. Wahidin Sudirohusodo, Makasar.

Mulyani, S., & Nuryani. 2013. Kanker Payudara dan PMS pada Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika. Rumah Sakit Umum Liunkendage Tahuna Medical Record, 2015. Kejadian Kanker Payudara.

Simanjorang, dkk. 2015. Gambaran Epidemiologi Kanker Payudara di Rumah Sakit Umum Liunkendage Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Worl Health Organization (WHO), 2008. Prevalensi kejadian Kanker Payudara di dunia.
Published
2018-11-19